LPMP Jawa Tengah Adakan Reviu Renstra dan Penyusunan LAKIP

Di awal tahun 2018, LPMP Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan reviu Rencana Strategis dan Penyusunan LAKIP.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yaitu Rabu s.d. Jumat, 3 – 5 Januari 2018 bertempat di ruang B 2.4. LPMP Jawa Tengah, Jl. Kyai Maja Srondol Kulon Semarang. Kegiatan dibuka langsung oleh kepala LPMP Jawa Tengah, Drs. Harmanto, M.Si. Peserta adalah perwakilan tiap bagian, bidang dan fungsional widyaiswara yang ditunjuk sebagai tim Renstra dan LAKIP.

Dalam sambutan pada acara pembukaan kepala LPMP Jateng menyinggung pentingnya LPMP melakukan reviu renstra setiap tahun, agar program-program yang dijalankan sesuai dengan kondisi terkini. Sementara itu LAKIP harus disetorkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selambat-lambatnya tanggal 31 Januari 2018 sebagai bukti kinerja lembaga pada tahun 2017.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Sukatman, M.Si, Kasubag Evaluasi pada Ditjend Dikdasmen, Edi Sriyono, M.Si, Kasubag pada Biro Keuangan, dan Imron Masyadi, S.Kom, seorang analis akuntabilitas kinerja di Biro Keuangan.

Menurut Sukatman, reviu Renstra sangat penting untuk dilaksanakan setiap tahun, mengingat kondisi yang senantiasa berubah. Satu hal penting yang  harus dilakukan adalah penyesuaian antara kebutuhan satker, kegiatan yang berbasis DIPA dan program kerja pada Renstra.

Perihal laporan kinerja, selama ini Biro Keuangan bertugas mengevaluasi LAKIP di seluruh satker dan kementerian. LAKIP kemudian dikirim ke  Kementerian PAN dan RB untuk menjadi bahan dalam melakukan evaluasi reformasi birokrasi.

Menurut Edi Sriyono, karena mendapatkan penilaian terbaik SAKIP di tahun 2017, yakni posisi ke 3 dari seluruh satker yang ada, LPMP Jawa Tengah akan memperoleh piagam penghargaan. Piagam akan diserahkan pada acara rembug nasional oleh Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Efendi, disaksikan oleh MenPAN dan RB. DG

Add comment


Security code
Refresh