ISSN PDF  | Print |
User Rating: / 3
PoorBest 
ISSN (International Standard of Serial Number) merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global. ISSN diterbitkan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang  memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. PDII LIPI merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.

Selain untuk terbitan berkala cetak, seperti buku, jurnal dan sejenisnya, ISSN  juga bisa diterbitkan untuk aneka media online murni seperti koran online, majalah online, blog dan sebagainya. Namun, sebagaimana dijelaskan dalam situs resminya, sesuai dengan cakupan "terbitan berkala" ada beberapa pembatasan bagi media online murni, :

  1. Dikelola oleh institusi dengan identitas yang jelas serta situs resmi.
  2. Memiliki nama domain yang unik dan merujuk ke institusi diatas.
  3. Pengelola yang bertanggung-jawab atas konten dengan identitas yang jelas.
  4. Khusus untuk blog : a) Pengisi blog adalah multi personal dengan sistem keanggotaan yang baku. Sehingga blog pribadi TIDAK TERMASUK kategori yang bisa diberikan ISSN; b) Sistem di blog harus menjamin bahwa tulisan tidak bisa direvisi maupun dihapus, minimal setelah mendapatkan komentar dari pembaca.

Untuk media online murni, berkas-berkas terkait sebagai persyaratan ISSN (bisa dibaca DI SINI) bisa dipenuhi dengan mengambil layar cetak (print screen) dari halaman depan media, daftar artikel sebagai pengganti Daftar Isi serta halaman keterangan pengelola media sebagai pengganti Dewan Redaksi.

Setelah mendaftar, kita akan memperoleh nomor ID yang bisa digunakan untuk akses masuk halaman Formulir permohonan ISSN yang secara berkala mesti dikunjungi karena semua perkembangan proses permohonan ISSN dapat diketahui dari halaman tersebut, sebagaimana tertulis di bagian atas: “Pastikan untuk mengunjungi halaman ini secara berkala guna memantau perkembangan proses permohonan ISSN Anda...”

Blog SD Negeri Tanggeran telah mengajukan semua berkas persyaratan ISSN untuk blog dan selesai di-upload pada Hari Kamis, 17 Februari 2011 pukul 17:49 WIB. Pada Hari Minggu, 20 Februari 2011 sekitar pukul 09:10 WIB, kala saya mengakses kembali halaman formulir permohonan,  ternyata pemohonan tersebut telah disetujui dengan ISSN 2088-0650 sehingga kodebar ISSN telah dapat diunduh.

Saya mencoba mengintip daftar nomor ISSN yang telah diterbitkan untuk memastikan nomor tersebut benar-benar telah terdaftar. Dan alhamdulillah nomor tersebut dapat saya lihat bersama dengan ratusan nomor ISSN lainnya. Daftar lengkap nomor ISSN yang telah diterbitkan dapat dilihat DI SINI.

Informasi lebih lanjut mengenai ISSN dan prosedurnya dapat dilihat di situs http://issn.pdii.lipi.go.id/ atau silahkan klik DI SINI sedangkan untuk membuka langsung formulir pendaftaran silahkan klik DI SINI.

 

Dzakiron 

Pemimpin Redaksi Blog SD Negeri Tanggeran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan 

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 
 

Latest Comments