Monday, July 28, 2014
   
Text Size

Search

Total Dibaca: 13971

Lomba Bahan Ajar Mandiri

User Rating: / 27
PoorBest 
 

 

LOMBA GURU BERPRESTASI DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER/ MULTIMEDIA

LPMP JAWA TENGAH
TAHUN 2009

 

RASIONAL 

“Inovasi tiada henti” itulah yang perlu dilakukan dunia pendidikan saat ini. Inovasi tersebut merupakan jawaban terhadap tantangan perubahan yang mengglobal dalam segala bidang, termasuk pendidikan. Bentuk inovasi yang sangat penting dalam dunia pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi berbantuan komputer di bidang pembelajaran. Harapan yang ingin dicapai adalah terjadinya transformasi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Mewujudkan ke arah tersebut perlu modifikasi-modifikasi pembelajaran yang dilakukan guru secara kreatif, inovatif, relevan dan menyenangkan.

Tantangan guru pada saat ini sungguh sangat luar biasa. Guru tidak hanya disibukkan dalam aspek pembelajaran, tetapi juga mengurus administrasi, pengembangan profesi bahkan sampai pemenuhan syarat sertifikasi. Aktivitas tersebut menyita waktu dan tenaga bagi guru, sementara tanggung jawab yang paling besar bagi guru adalah melaksanakan pembelajaran bersama siswa agar siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.

Menyikapi konsekuensi logis yang dihadapi guru tersebut, LPMP Jawa Tengah sesuai dengan tugas dan fungsinya berusaha mencari terobosan baru sebagai bentuk peningkatan mutu pendidikan melalui lomba Lomba Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Mandiri berbantuan Komputer/ Multimedia.

Lomba tersebut diharapkan memberikan motivasi dan penghargaan kepada guru atas dedikasinya dalam bidang pembelajaran selama ini. Guru menjadi lebih diperhatikan dan dituntut untuk maju, sebab hanya melalui jasa guru pendidikan berkualitas dapat diwujudkan. 

BAHAN / MEDIA: 

Bahan Ajar Mandiri berbantuan Komputer/ Multimedia bagi siswa adalah bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompentensi dasar tertentu, yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi (Powerpoint , Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Fox Pro dll) dan atau bahasa pemograman (Visual Basic, Clipper dll)

  

PESERTA

·         Guru TK/SD/SMP/SMA/SMK  dan yang sederajat

·         Lomba Bersifat Perorangan

·         Unit kerja Peserta Lomba berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah 

  

PERSYARATAN KARYA

·     Mencantumkan kurikulum yang digunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta  petunjuk pengunaan program .

·         Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran TK/SD/SMP/SMA/SMK dan Sederajat.

·         Disajikan dengan mengunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan  Bahasa Jawa.

·         Dilengkapi dengan petunjuk pengunaan program dalam 2 bentuk sajian, yaitu print out dan CD.

·         Karya Original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan diatas meterai.

·         Bila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.

·         Hasil karya dikemas dalam format CD

·         Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila layak dan mendapat panggilan untuk presentasi  menjadi hak milik LPMP Jawa Tengah.

·         Hasil Karya belum pernah dinyatakan menjadi pemenang pada lomba sejenis pada tingkat nasional maupun provinsi 

 

DESAIN CD INTERAKTIF (MULTIMEDIA)

·         Judul

·         Tujuan Pembelajaran

·         Apersepsi

·         Uraian yang Komunikatif

·         Contoh, Analogi atau Ilustrasi, serta Simulasi yang Relevan dan Kontekstual

·         Latihan, Tes, dan Umpan Balik Korektif secara Kreatif 

·         Relevansi dan Kosistensi Antara Latihan/Tes dan Materi dengan Tujuan Pembelajaran 

·         Interaktifitas 

·         Efektif dan Efisien dalam Pengembangan Maupun Penggunaan Multimedia Pembelajaran 

·         Mudah Digunakan dan Sederhana dalam Pengoperasiannya (Usabilitas). 

·         Ketepatan Pemilihan Jenis Aplikasi/Software/Tool untuk Pengembangan 

  

PENDAFTARAN

·         Mengisi Formulir yang sudah disiapkan di Bidang Pemetaan Mutu dan Supervis (PMS) LPMP Jawa Tengah, atau melalui Website LPMP Jawa Tengah

·         Persyaratan karya disertakan dalam amplop ukuran folio, ditujukan pada Panitia Lomba Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Komputer (Bidang PMS)  LPMP Jawa Tengah.

·         Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos ke Panitia Lomba.

·         Pendaftaran Gratis tanpa dipungut biaya

·         Pendaftaran dan pengiriman naskah paling akhir 1 Desember  2009

 

KEGIATAN LOMBA

·         150 Peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba akan dipanggil di LPMP Jawa Tengah pada tanggal 14  s.d. 15 Desember 2009, untuk mempresentasikan bahan ajarnya.

·         Bila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.

·         Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan.

·         Biaya Akomodasi dan Konsumsi selama di LPMP Jawa Tengah ditanggung oleh Panitia Penyelenggara (LPMP Jawa Tengah)

·         Ketentuan/ keputusan Juri tidak bisa digangu gugat

 

HADIAN

Jenjang TK/SD

1. JUARA UMUM                : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT  + Uang Pembinaan

II. JUARA II                      : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan

III  JUIARA III                  : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan

 

Jenjang SMP/SMA/SMK

1. JUARA UMUM                : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT  + Uang Pembinaan

II. JUARA II                      : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan

III  JUIARA III                  : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan

  

Informasi selanjutnya hubungi website kami di  www.lpmpjateng.go.id dan

 E-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Contact Person: Aris Ristiyanto: 08122919254, Hendang : 081325756865

 

SEKRETARIAT LOMBA
BIDANG PEMETEAAN MUTU DAN SUPERVISI (PMS)
LPMP JAWA TENGAH
JL. KYAI MOJO SRONDOL KULON SEMARANG
Tlp. 024 70781486, Fax 024 7479261
Email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Download Pengumuman

Comments
Search RSS
Hasimi  - Setuju     |118.96.166.xxx |2009-10-12 08:01:18
Saya sangat senagng dingan prpgram ini karen akan mengasah salah satu kompetensi guru dalam pembelajaran
M Mursyid PW  - Tanya     |125.166.229.xxx |2009-10-12 14:33:11
Apa lomba ini terbuka termasuk bagi para guru yang nota bene pernah menjadi juara pada lomba sebelumnya dan yang bahkan pernah menjadi finalis di jakarta?
Mohon penjelasan!
JOko Supriyanto  - Konfirmasi     |125.166.246.xxx |2009-10-13 02:23:47
Alhamdulillah saya senang dengan adanya lomba ini. Saya mau tanya apakah peserta boleh dari TK. KArena ada perbedaan informasi kalo peserta hanya dari SD/SMP/SMA tapi kalo hadiah kok dari kategori TK/SD disebutkan!
samsira  - Update Info   |202.173.23.xxx |2009-10-14 01:45:59
- Peserta boleh dari TK
- Hasil Karya belum pernah dinyatakan menjadi pemenang pada lomba sejenis pada tingkat nasional maupun provinsi

Budhy Susanto  - Tanya     |114.121.169.xxx |2009-10-15 05:11:22
Kalo berbasis cd kan butuk pc, sementara kalo siswa di sekolah tempat saya bekerja sebagian besar tidak punya pc. Bagaimana kalo saya buat yang berbasis web2 (interaktif/RIA)? trus yang saya kirim dlm bentuk cd (deployment web). Bagaimana?
samsira  - deployment web   |118.98.216.xxx |2009-10-15 05:45:49
tidak masalah aplikasi anda buat berbasis web, yang pasti harus dibuat Autorun CD

Terima Kasih
Ameliasari  - Guru MAN     |125.163.186.xxx |2009-10-15 08:16:07
Apakah guru dari Madrasah Aliyah Negeri boleh ikut serta dalam lomba ini?...
samsira  - Madrasah Aliyah Negeri boleh ikut serta dalam lomb   |118.98.216.xxx |2009-10-15 09:15:58
Guru TK/SD/SMP/SMA/SMK dan yang sederajat

jadi MA boleh

Terima Kasih
yemi maria arbi, S.Pd  - tanya   |210.79.216.xxx |2009-10-15 08:24:51
disertai proposal tidak???
samsira  - disertai proposal tidak?   |114.58.237.xxx |2009-10-15 14:55:47
disertai proposal tidak?

jawawabnya : tidak
kasmo  - formulirnya mana     |125.163.186.xxx |2009-10-15 14:49:28
formulir pendaftaran kok tidak ada, mohon untuk disertakan, trims
samsira  - formulir pendaftaran   |114.58.237.xxx |2009-10-15 14:57:39
formulir pendaftaran segera kami upload, silahkan dtunggu
Budi  - -     |120.163.110.xxx |2009-10-20 12:00:13
Judulnya ko tulisannya putih, gak klihatan.

Akhirnya datang juga, padahal belum sempat belajar lagi
konsep aja belum ada
samsira  - Masih ada waktu   |114.121.213.xxx |2009-10-20 23:27:17
Masih ada waktu yang cukup kok untuk membuat produk tersebut, kami tunggu hasil kreasi anda

Terima Kasih
Ari  - Masalah peserta lomba     |120.163.224.xxx |2009-10-22 01:24:01
Mohon maaf belum jelas masalah peserta lomba. Dulu ada selentingan kabar bahwa yang sudah menjadi juara di LPMP Jateng atau tingkat nasional tidak boleh menjadi peserta. Kalau karyanya jelas ga boleh, kalau orangnya tampil dengan karya baru bolehkan? Kasian yang amatir2 seperti kami pak, hehe.
samsira  - Masalah peserta lomba   |125.166.225.xxx |2009-10-22 04:39:54
Untuk peserta yang pernah juara dalam lomba tingkat nasional maupun regional, mohon maaf tidak bisa mengikuti lomba ini walaupun dengan hasil karya/produk yang lain, mengingat untuk memberi kesempatan dan memacu semangat pada peserta yang lain.

Terima Kasih

rokhmad astika triprasetia  - Setuju     |125.163.188.xxx |2009-10-22 09:23:56
Asyik... 2 tahun yang lalu saya pernah ikutan, dan sangat menarik... bisa nambah pengalaman dan sharing ilmu.... pokoknya tahun ini aku mau ikutan lagi.. Tunggu saya ya.... ... Bravo Guru Indonesia
slamet widiantoro  - bertanya     |114.30.82.xxx |2009-10-23 14:15:28
boleh ngirimkan lebbih dari satu??
Agwidodo  - Formulir     |125.166.255.xxx |2009-10-24 00:31:10
Maaf, formulir pendaftarannya kok blm ada?
Ab1manyu     |SAdministrator |2009-11-12 00:02:18
http://www.ziddu.com/download/7211595/Formulir_Pendaftaran_2009_ver2.doc.html
EDO  - menawar   |202.70.58.xxx |2009-10-25 17:16:43
boleh nggak jika tidak autorun, maaf banyak guru yang di daerah kan belum mahir.
rahmawan   |118.98.162.xxx |2009-10-30 03:43:02
kalau buat sendiri 100% bagus baik program maupun ide, tapi kalau dibuatkan walaupun ide dan konsep dari sendiri.... sama aja.....mendingan nggak ikut aja....
slamet widiantoro  - bertanya     |114.30.82.xxx |2009-10-30 09:15:30
apa boleh ngirim lebih dari 1?
formulir bisa di upload dimana ya?
Driyanto. S.Pd  - re: bertanya   |125.163.179.xxx |2009-11-16 03:56:33
Pak bisa minta blangko pendaftaran Lomba Pembelajaran multimedia trims
EDI WIDODO  - LANJUTKAN     |202.70.58.xxx |2009-11-03 10:39:54
SIP BISA MENGUKUR KEMBALI KEMAMPUAN KAMI DALAM MEMBUAT CD INTERAKTIF, WALAUPUN TAHUN KEMARIN LUM JADI JUARA 1-3 SEMOGA TAHUN INI AQ ADA PENINGKATAN KEMAMPUAN.bRAVO LPMP.
Pudjijatmo, SPd  - Permintaan Formuli Lomba Bahan Ajar   |202.70.58.xxx |2009-11-11 14:29:53
Maaf, boleh minta contoh formulir pendaftaran lomba bahan ajar
Ab1manyu     |SAdministrator |2009-11-12 00:04:34
http://www.ziddu.com/download/7211595/Formulir_Pendaftaran_2009_ver2.doc.html
Pudjijatmo, SPd   |202.70.58.xxx |2009-11-11 14:33:51
Maaf, boleh minta formulir pendaftaran lomba bahan ajar
Ab1manyu     |SAdministrator |2009-11-12 00:02:28
http://www.ziddu.com/download/7211595/Formulir_Pendaftaran_2009_ver2.doc.html
Muntaqimah  - Hrpn     |125.166.232.xxx |2009-11-14 02:55:51
Mudah-mudahan aku bisa ikutan lomba. Amin
Rini Rusmiasih   |118.96.130.xxx |2009-11-17 03:48:04
Ni yang kutunggu, moga aku bisa berpartisipasi.
tri hastuti   |125.166.234.xxx |2009-11-18 02:05:40
sistimatika penulisan sama dengan PTK ????
priyono   |118.98.216.xxx |2009-11-19 06:37:49
bos, poster lomba koq nggak diposting?
samsira  - poster lomba   |125.163.182.xxx |2009-11-19 07:07:43
di Search aja, kan ada fasilitasnya
yani puji hastuti   |202.93.37.xxx |2009-11-22 12:08:20
tolong minta formulir pendaftaran lomba bahan ajar
samsira  - formulir pendaftaran lomba   |202.173.23.xxx |2009-11-23 00:58:45
silahkan di search aja di website lpmp

terima kasih
yani puji hastuti   |202.93.37.xxx |2009-11-22 12:09:30
kalau bisa sesegera mungkin
subkhan  - karya lomba     |125.163.186.xxx |2009-11-26 06:35:53
Brarti karya (CD interaktif) harus kami buat terlebih dahulu (dirumah) yang kemudian di dikirim bersama formulir? mohon Penjelasan terimakasih..
samsira  - CD interaktif   |202.173.23.xxx |2009-11-26 06:54:07
silahkan diselasikan di rumah, terus di kirim ke LPMP terakhir cap pos 1 Desember 2009
Hadziq Sholeh  - komentar   |125.163.196.xxx |2009-11-26 12:37:00
InsyaAlloh ikut untuk tambah pengalaman.
Kapan lomba PTKnya?
arien  - Walau surat terlambat     |202.70.58.xxx |2009-11-29 07:27:03
alhamdulillah 3 hari saya dapat info lomba ini, walau terlambat moga bisa ikut n nambah pengalaman. semoga besok saya kirim ke lpmp.
siti  - formulir   |118.96.132.xxx |2009-11-29 11:36:56
formulirnya dimana ini??? kok susah carinya ya. tolong kasih tw
Ari  - Info yang Lolos     |120.162.62.xxx |2009-12-05 09:54:52
Bisakah melihat info yang lolos nominasi di web? Kalo saja infonya ada di web kan lebih enak.
Suwarji  - Masih bisakah kami menyusul?     |125.163.199.xxx |2009-12-06 18:31:32
Waduh saya ketinggalan sepur..gara2 seringnya eror mbuka lpmp jateng bbrp wkt yg lalu tahu2 skrng ada info lomba. Bolehkah kami menyusul walau sdh telat?
Fajar  - Pertanyaan     |125.163.248.xxx |2009-12-07 04:21:22
Assalamu'alaikum
kapan pak pengumuman lombanya ?
subkhan  - tunggu kesempatan lain kali     |125.163.186.xxx |2009-12-08 03:50:15
telat sudah... membuat bahan ajar multimedia paling tidak 15 hari...

tunggu kesempatan lain kali... mudah - mudahan ada lagi... beri info kalo ada lagi ya Admin... Tks..
emwe  - Masukan untuk lomba kedepan     |118.96.134.xxx |2009-12-21 13:40:33
Coba lah untuk lomba-lomba selanjutnya tingkat SMP jangan dijadikan satu dengan SMA sederajat jadi ada kuota yang jelas./ seperti jenjang SD/MI sederajat. gitu lho. Masa tingkat menengah dijadikan dengan pendidikan dasar.
arrasyid  - ptk   |Author |2010-06-04 03:33:55
bu/pak, apakah di lpmp unnes menyelenggarakan lomba penulisan PTK untuk guru? atau mungkin ada program Hibah Penulisan Proposal PTK?, terimakasih sebelumnya...
Only registered users can write comments!

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

Latest Comments