Wednesday, October 01, 2014
   
Text Size

Search

Total Dibaca: 4213

Sekolah Efektif

User Rating: / 7
PoorBest 

ADA lima faktor utama yang terbukti mampu menyokong terbangunnya sekolah efektif guna meningkatkan prestasi peserta didik. Yakni kepemimpinan yang kuat, kejelasan misi sekolah, terjaganya iklim ketertiban dan keamananan, pengawasan kemajuan peserta didik, dan harapan yang tinggi (David Miller Sadker & Karen R. Zittleman, 2006).

Kualitas kepemimpinan sangat memengaruhi baik buruknya prestasi anak didik dan sekolah secara keseluruhan. Kepala sekolah harus mampu membangun kolaborasi di antara segenap warga sekolah, mendorong partisipasi setiap guru untuk menyumbangkan hasil pemikirannya demi kemajuan sekolah, dan mencoba hal-hal baru yang sedianya efektif untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Kepala sekolah sudah semestinya fokus pada apa yang terjadi di dalam kelas, sebagai inti baik-tidaknya proses pendidikan. Keberlangsungan supervisi kinerja guru merupakan salah satu langkah kunci penjaminan kelayakan layanan pendidikan.

Saat proses yang dimonitor berjalan kurang maksimal atau bahkan jauh dari kepantasan, kepala sekolah akan bekerja keras bersama guru untuk perbaikan sehingga peserta didik hanya akan mendapatkan layanan prima untuk mencapai hasil yang optimal.

Sekolah bergerak berdasarkan visi yang diterjemahkan ke dalam sejumlah misi untuk mencapai tujuan pendidikan ideal. Pada awal tugas, kepala sekolah menyosialisasikan visi dan misi kepada segenap warga sekolah dan bahu membahu melakukan inovasi dan peningkatan kualitas proses setiap saat.
Iklim sekolah yang kondusif terwujud saat ketertiban dan keamanan terjaga dengan baik.

Dengan syarat ini, sekolah akan fokus pada pencapaian prestasi akademik dan misi yang telah ditetapkan dengan melibatkan peran aktif keluarga dan masyarakat, serta menciptakan sebuah lingkungan, tempat guru, siswa, dan staf diperlakukan dengan setara.

Sekolah efektif akan mengidentifikasi masalah siswa lebih awal, sebelum memburuk menjadi kekacauan dan kekerasan.  (45)

--Tuswadi SPd, guru Bahasa Inggris SMA N 1 Sigaluh Banjarnegara, sedang tugas belajar di Universitas Hiroshima Jepang

 

sumber : SuaraMerdeka

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

Latest Comments