Monday, October 20, 2014
   
Text Size

Search

Total Dibaca: 23634

PGSD Menjadi Jurusan Favorit

User Rating: / 62
PoorBest 

Siapa yang tidak ingin masuk kuliah di perguruan tinggi Negeri atau favorit serta masuk jurusan yang favorit serta prospek ke depannya baik. Maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk masuk ke perguruan tinggi yang dimaksud dengan harapan dapat cepat mendapat pekerjaan dan gaji tinggi setelah lulus. Sekarang masuk perguruan tinggi sangat sulit dan biayanya sangat besar. Maka bagi orang yang kurang mampu sangat mustahil untuk meneruskan ke tingkat universitas. Maka kuliah itu hanya untuk kalangan orang yang berduit. Maka sangat memprihatinkan bagi anak yang berprestasi tetapi kurang mampu. Walaupun ada beasiswa dari pemerintah, itupun tidak merata dan mungkin juga tidak terjangkau bagi anak-anak yang kurang beruntung. Apalagi dengan uang masuk perguruan tinggi atau bahasa lainnya sumbangan yang telah ditetapkan perguruan tinggi sangat memberatkan sekali bagi masyarakat yang memiliki anak yang akan masuk universitas.

PGSD anda pasti pernah mendengar kata-kata tersebut. PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu jurusan yang pencetak guru-guru SD di Indonesia yang sekarang menjadi fenomena saat Ujian Masuk Perguruan Tinggi 3 tahun belakangana ini.

Sekarang banyak orang tua yang tidak ingin anak-anaknya salah masuk jurusan yang kurang pasti prospek kerjanya, maka banyak dari para orang tua yang mengarahkan para putra-putrinya untuk masuk ke jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Jurusan penghasil guru-guru SD di Indonesia. Hal yang menakjubkan saat penulis melihat jumlah pendaftar yang mendaftar di Universitas yang membuka Jurusan S1 PGSD seperti Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jogjakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret (Solo), IKIP PGRI dan Universitas pembuka program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ternyata jumlah pendaftar di unniversitas penyelenggara PGSD  membludak sekian banyak dan menjadi jurusan yang terbanyak diserbu para calon Mahasiswa baru yang pasti menjadi jurusan favorit bagi anak dan para orang tuanya yang mengarahkan setelah lulus dari SMA.

Sangat menakjubkan sekali, karena menurut bagian administrasi di kampus PGSD UNNES Wonosari Ngaliyan Semarang 3 tahun yang lalu saat saya berbincang-bincang dan saya juga sempat melihat stastitik jmlah mahasiswa juga. Sbelum tahun 2004 jumlah mahasiswa dan peminat untuk kuliah di PGSD sangat sedikit sekali sehingga membuka beberapa kelas saja.

Hal yang kontras sangat terlihat dimana jumlah peminat untuk masuk PGSD untuk menjadi seorang guru SD meningkat pesat mulai tahun 2005 sampai 2010 sekarang ini. Pendaftar PGSD mengalahkan pendaftar dari jurusan favorit lain. Di UNNES saja pendaftar PGSD mencapai 6.000 pendaftar sedangkan jurusan lain hanya ratusan pendaftar, dapat kita bayangkan, sungguh fenomenal…  Kita tidak tau apa alasan yang melatarbelakanginya. Beberapa pendapat yang mungkin melatarbelakangi alasan masuk PGSD diantaranya yaitu

- cita-cita mejadi seorang guru SD

- prospek kerja yang menjanjikan setelah lulus

- kesejahteraan guru yang semakin baik

- tunjangan profesi guru yang lumayan besar

- isu pensiun guru SD masal di Indonesia

- selain bekerja guru juga beramal dengan mendidik siswa (dunia akhirat)

di atas adalah beberapa alasan yang melatarbelakangi masuk PGSD. Mungkin masih banyak alasan lain, tergantung dari individu yang bersangkutan.

Yang terpenting dari semua alasan untuk menjadi seorang guru adalah untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan membentuk kepribadian anak yang baik serta ikhlas dalam mengabdikan diri demi kemajuan anak. Semoga pendidikan di negeri kita tercinta ini semakin baik. Dan semoga perguruan tinggi pencetak guru di Indonesia dapat mencetak guru-guru yang berkualitas. Jangan cuma memperbanyak mahasiswa untuk mencari keuntungan belaka tetapi juga harus memperhatikan kualitas output mahasiswanya yang akan menjadi calon guru berkualitas kelak dikemudian hari.

 

by: bambang getty

 

>open bembiz blog's">>>open bembiz blog's

Comments
Search RSS
Only registered users can write comments!

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

Latest Comments